IMPLEMENTASI YOGA ASANAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PASRAMAN WIDYA DHARMA YOGYAKARTA

Authors

  • I Ketut Artana Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Farida Setyaningsih Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v3i1.49

Keywords:

Yoga Asanas dan Prestasi Siswa

Abstract

Untuk meningkatkan prestasi siswa banyak cara yang di lakukan, salah satu caranya yaitu
dengan mengikuti pembelajaran yoga asanas, karena dalam yoga asanas ini banyak sekali manfaat
yang diperoleh di antaranya adalah membuat sehat jiwa dan raga serta melatih konsentrasi.
Konsentrasi bagus sangat membantu untuk meningkatkan semangat belajar. Tujuan dari penelitian
ini adalah mengetahui implementasi yoga asanas dalam meningkatkan prestasi siswa Pasraman
Widya Dharma Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penggalian data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa membiasakan yoga asanas maka bisa dijadikan sebagai
salah satu upaya untuk dapat membantu meningkatkan prestasi siswa Pasraman. Adapun hasilnya
yaitu meningkatnya kesehatan jantung dan paru-paru, peningkatan rangking, semangat belajar dan
konsentrasi juga meningkat, peningkatan prestasi belajar.

References

Donder, I Ketut. 2004. Sisya Sista. Denpasar: Pustaka Bali Post.

Kamajaya, Gede. 1993. Yoga Kundalini Cara Untuk Mencapai Siddhi dan Moksa. Surabaya:

Paramita.

Monir, 1993. Pasraman Sebagai Lembaga Pendidikan. Malang: FPBS IKIP Malang.

Moleong, L. J. 1989. Metodologi penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja karya CV. Moleong,

Lexy J, 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maswinara, I Wayan, 1999. Sistem Filsafat Hindu. Surabaya: Paramita. Acarya, Avadhutika

Anandamitra. 2013. Yoga Untuk Kesehatan. Jakarta Barat: Persatuan Ananda Marga

Indonesia

Ngurah, I Gusti Made. 2006. Pendidikan Agama dan Keagamaan di Pasraman. Makalah

disajikan dalam Orientasi Pengelola Pasraman di Desa Pakraman, Kanwil Agama Propinsi

Bali, Denpasar 5 Januari 2006.

Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin. 2002. Guru Profesional dan Implementasi

Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.

Oleh Tim Penyusun, (2007) Buku Pelajaran Agama Hindu Kelas XI SMA Kurikulum KTSP,

Surabaya Paramita.

Puja MA,SH,2005

Mutu Wirmayani dan Supriyadi. 2017. ” Pengaruh Yoga Terhadap Kemampuan Konsentrasi

Belajar” Jurnal Psikologi Udayana, Vol.4, No.2, 460-473

Radhakrisnan (1987: 9)

I Nyoman Santiawan. (2021). Mutu Pasraman Padma Bhuana Saraswati Ditinjau Dari 7

Prinsip Manajemen Mutu Iso 9001-2015. JURNAL Pusat Penjaminan Mutu, 2(1), 91–100.

http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/1332/1040

I Nyoman Santiawan, I. N. W. (2020). Upaya Pasraman Padma Bhuana Saraswati Dalam

Mewujudkan Sisyayang Cerdas Berbudaya. Bawi Ayah, 11(1), 1–17.

https://doi.org/https://doi.org/10.33363/ba.v11i1.455

Mujirah, Gatot Wibowo, I. N. S. (2021). Pengaruh Ajaran Tri Guna Dalam Meningkatkan

Budhi Pekerti Anak Di Tk Sari Mekar Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jawa Dwipa, 2(1),

–49. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/jd.v2i1.36

Santiawan, I. N., & Supriyoko. (2022). Analisis Manajemen Pasraman Dalam

Mewujudkan Sisya Yang Cerdas Berbudaya Pada Pasraman Padma Bhuana Saraswati

Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 4(3), 348–361.

Jurnal Jawa Dwipa Volume 3 Nomor 1 Juni 2022 52

https://doi.org/10.30738/mmp.v4i3.11730

Sugiman, I. N. S. (2020). Kinerja Penyuluh Agama Hindu Non Pns Ditijnau Dari Fungsi

Penyuluh Di Masa Pandemi Covid-19. Widya Aksara, 25(2), 153–163. http://ejournal.sthdjateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/120/57

Saraswati ( 2002:16)

Sarasvati, Svami Satyananda. 2008. Asanas, Pranayama, Mudra, dan Bandha. Surabaya:

Paramita.

Saraswatî, Svâmî Satya Prakâs. 2005.Pâtañjali Râja Yoga(J.B.A.F. Mayor Polak

Penerjemah).Surabaya: Parâmita

Shanty dan Yuliani,2014 Amazing Yoga

Suhardana, K.M. 2006. Etika dan Moralitas Hindu Bahan Kajian Untuk Memperbaiki Tingkah

Laku. Surabaya: Paramita.

Sumantra,Guru Made.2005. Modul TTC Markandeya Yoga International

Tim Penyusun,2013:236 Swastikarana

Tim Penyusun, 2006. Pedoman Pengelolaan Pasraman. Jakarta: Dep. Agama Direktorat

Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu.

Wika Krisna,Ida Bagus.2017. Panduan Yoga Asanas.Bimas Hindu Kanwil Kementrian

Agama D.I Yogyakarta

Zain, Badudu. 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta

Published

2022-06-30

How to Cite

I Ketut Artana, & Farida Setyaningsih. (2022). IMPLEMENTASI YOGA ASANAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PASRAMAN WIDYA DHARMA YOGYAKARTA. Jawa Dwipa, 3(1), 41-52. https://doi.org/10.54714/jd.v3i1.49

Issue

Section

Articles